1,3 Juta Ton Ekspor Komoditi Pertanian Dikirim Melalui Pelabuhan Utama Makassar

Pewarta : Irwan Adhi Husada | Editor : Heri Taufik

Maritimbisnis.com – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bekontribusi dalam Kegiatan Gebyar Ekspor Komoditi Pertanian 2021 serentak di 34 Provinsi secara Nasional yang dipusatkan di Pelabuhan Utama Makassar tepatnya Dermaga Hatta Terminal Peti Kemas Makassar. 

Kegiatan yang digelar pada Jumat (31/12) ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta Gubernur Sulawesi Selatan beserta Pejabat Utama dan Unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Brigjen Pol. Capt. Hermanta mendukung pelaksanaan kegiatan Gebyar Ekspor 2021 mulai dari rapat gabungan dengan seluruh stakeholder terkait, kesiapan tempat dan sarana-prasarana bersama Otoritas Pelabuhan, TNI-POLRI, Balai Besar Pertanian dan Pelindo termasuk dukungan Personil, serta 2 unit Kapal Patroli KN.P. 350 dan KN.P.5204 untuk menjamin kelancaran, keamanan dan suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kami mendukung dengan menurunkan dan melibatkan sejumlah Personil Kantor Kesyahbandaran Utama yang ditempatkan disemua lini di wilayah Pelabuhan Utama Makassar serta 2 unit Kapal Patroli Penjagaan KN.P. 350 dan KN.P.5204 untuk mengamankan di wilayah perairan Bandar,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa pelaksanaan Gebyar Ekspor 2021 merupakan Event Nasional yang ke-3 untuk Tahun 2021 dengan Tema “Sinergi Pengawalan Dalam Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan dan Mendunia”.

“Dengan Total Ekspor Produk Pertanian 1,3 Juta Ton senilai Rp.14,4 Triliun,” ungkapnya.

Gebyar Ekspor Produk Pertanian 2021 dilaksanakan di 34 Provinsi secara serentak yang dipusatkan di Pelabuhan Makassar merupakan Event Nasional yang ke-3 di penghujung tahun 2021 dengan Tema “Sinergi Pengawalan Dalam Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan dan Mendunia”, dengan Total Ekspor ke 124 negara Produk Pertanian sebanyak 1,3 Juta Ton senilai Rp.14,4 Triliun. Kementerian Pertanian merencanakan peningkatan ekspor 3 kali lipat di tahun 2022. Sesuai arahan Presiden bahwa investasi dan ekspor merupakan faktor kunci dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

“Seluruh rangkaian kegiatan Gebyar Ekspor 2021 dari awal sampai akhir di Pelabuhan Makassar terlaksana dengan aman, lancar dan sukses dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang ketat,” tutupnya.

By Irwan Adhi Husada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya